ADA-ADA SAJA

Standard

Pengemis Cheng Guorong punya gaya tersendiri dalam hal berpakaian. Tentu ia tidak mengenakan baju mahal, namun cara berpakaiannya memang modis. Meski jaket yang dikenakannya kumal dan ikat pinggangnya hanya berupa potongan kain, tampilan Cheng memang keren.

Rambutnya yang dibiarkan acak-acakan justru membuatnya tambah gaya. Apalagi kala berjalan di jalanan Ningbo, China. Karena itu ia kerap jadi pusat perhatian, termasuk perhatian seorang fotografer.Oleh fotografer amatir itu, foto Cheng dikirim ke sebuah forum dan mendapat banyak respon.

Belakangan fotonya makin banyak di internet dan menjadikan Cheng sebagai salah satu “tokoh” yang paling banyak dicari. Beragam komentar yang mengaguminya muncul. Sampai-sampai sejumlah artis ikut memberi komentar tentang gaya berpakaiannya. Jangan heran jika koran besar Inggris The Independent kemudian memuat ceritanya dengan judul Handsome Chinese Vagrant Draw Fans of “Homeless Chic”. Begitu juga koran lainnya, seperti The Telegraph.

Kena Musibah

Latar belakang Cheng sebenarnya tak begitu buruk. Cheng yang kelahiran tahun 1976 suatu kali meninggalkan Boyang untuk mengadu nasib ke Ningbo mencari pekerjaan. Ia meninggalkan istri yang sedang hamil dan seorang anak usia setahun. Setelah mendapat pekerjaan ia menetap di sana. Keluarganya juga tahu ia di sana. Akan tetapi setelah tahun 2003 keluarganya kehilangan kontak. Mereka berkali-kali datang ke Ningbo mencarinya namun tak juga bertemu. Akhirnya keluarga menganggap Cheng tewas.

Pada saat itu Cheng sebenarnya kena musibah. Ia dirampok dan hartanya habis. Karena tak bisa mengirim uang ke anak-istrinya dan malu pada keluarganya, untuk pulang ia memilih menggelandang di Ningbo. Sampai forografer amatir itu memasang fotonya di internet pada Januari 2010.

Di internet, Cheng mendapat julukan beragam mulai dari pengemis keren, pengemis seksi, sampai “Brother Sharp”. Bahkan ada yang mengaku-aku ia sebagai suaminya segala. Nah suatu kali, sang adik melihat kakaknya di internet dan yakin kalau itu Cheng Guorong. Sayangnya saat itu istri Cheng sudah tewas akibat kecelakaan lalu-lintas.

Hidup Baru

Maka, adik dan ibunya mencari Cheng ke Ningbo dan mereka pun bertemu. Hanya saja Cheng tak banyak bicara. Ini membuat adik dan ibunya harus memeriksakan dia ke rumah sakit Ningbo Psychiatric Hospital. Rumah sakit itu menemukan kalau Cheng secara psikologis sakit. Rumah sakit meminta keluarganya tetap merawatnya di rumah sakit itu. Namun adiknya bilang, ia akan membawa sang kakak pulang karena rumah akan menjadi tempat penyembuhannya yang terbaik.

Makan bersama keluarga, setelah terpisah selama 11 tahun

Berita Cheng bertemu keluarganya setelah 11 tahun, mengundang simpati para penggermarnya. Mereka pun ramai-ramai memberi sumbangan. Terkumpul uang lebih dari Rp 130 juta untuk Cheng, yang akan memulai hidup baru bersama dua anaknya yang kini berusia 10 dan 11 tahun. Menurut The Telegraph, Cheng juga mendapat “pekerjaan” sebagai bintang iklan dan fotomodel. Bahkan film tentangnya sedang dibuat (dibintangi oleh bintang film China, Carl Ng).

Sekarang Cheng sudah berubah nasibnya, dari gelandangan menjadi “selebritis” dunia karena gaya berpakaiannya yang modis.

3 thoughts on “ADA-ADA SAJA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s